EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN
Main Authors: | Raja, Andika, Ahmad, Marzuki, Lubis, Roslian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1821 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1821/1124 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas menggunakan pendekatan terbuka terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik statistik pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 34 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 178 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan pendekatan terbuka adalah 3,7 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata pencapaian statistik siswa sebelum menggunakan pendekatan terbuka adalah 56,98 (kategori adil) dan setelah menggunakan pendekatan terbuka adalah 80,33 (kategori sangat baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttes, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, pendekatan terbuka efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik statistik pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun.
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas menggunakan pendekatan open-ended terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan topik statistika pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 34 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 178 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan pendekatan open-ended adalah 3,7 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata prestasi statistika siswa sebelum menggunakan pendekatan open-ended adalah 56,98 (kategori kurang) dan setelah menggunakan pendekatan open-ended adalah 80,33 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, pendekatan open-ended efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan topik statistika pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun.