EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN

Main Authors: Tanjung, Henni Paujiah, Ardiana, Nunik, Harahap, sinar Depi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1815
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1815/1129
Daftar Isi:
  • The aim of this study is to describe the effectiveness of using problem posing learning model on students’ mathematical problem solving ability on the topic of angle size (degrees and radians) at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Barat. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 23 students as the sample and they were taken by using cluster random sampling technique from 214 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found:  (a) the average of using problem posing learning model was 3.66 (very good category) and (b) the average of students’ angle size achievement before using  problem posing learning model was 64.34 (enough category) and after using problem posing learning model was 92.91 ( very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 16), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, problem posing learning model was effective on students’ mathematical problem solving ability on the topic of angle size (degrees and radians) at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Barat.
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik ukuran sudut (derajat dan radian) pada siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 23 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 214 siswa. Observation dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran problem posing adalah 3,66 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata  prestasi  siswa pada ukuran sudut siswa sebelum menggunakan model pembelajaran problem posing adalah 64,34 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran problem posing adalah 92,91 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan uji sampel berpasangan, (SPSS versi 16), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, model pembelajaran problem posing efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada topik ukuran sudut (derajat dan radian) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Barat.