EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN BERBASIS POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN
Main Authors: | Harianja, Sorta Dameria, Elindra, Rahmatika, Siregar, Eva Yanti |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1785 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1785/1136 |
Daftar Isi:
- The aim of this study is to know whether using time token learning model based power point on students’ mathematical creative thinking ability on the topic of two variables linear equations system at the eighth grade students of SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 32 students as the sample and they were taken by using cluster random sampling technique from 259 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using time token learning model based power point was 3.6 (very good category) and (b) students’ mathematical creative thinking ability on the topic of two variables linear equations system before using time token learning model based power point was 52.91 (fair category) and after using time token learning model based power point was 83,17 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 17), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, using time token learning model based power point was effective on students’ mathematical creative thinking ability on the topic of two variables linear equations system at the eighth grade students of SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran time token berbasis power point pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 32 siswa sebagai sampel dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 259 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran time token berbasis power point adalah 3,6 (kategori sangat baik) dan (b) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran time token berbasis power point adalah 52,91 (kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran time token berbasis power point adalah 83,17 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 17), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, menggunakan model pembelajaran time token berbasis power point efektif pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.