EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN
Main Authors: | Sihotang, Sri Rejeki, Elindra, Rahmatika, Saleh, Agus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1775 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1775/1140 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan model pembelajaran kontekstual pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 167 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 3,85 (kategori sangat baik) dan (b) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras sebelum menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 53,77 (kategori kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual adalah 82,28 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22) dan formulasi N-gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,74 (kategori tinggi). Artinya, menggunakan model pembelajaran kontekstual sangat efektif digunakan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada topik teorema Pythagoras pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.
- The aim of this study is to describe of the effectiveness of using contextual learning model on students’ mathematical creative thinking ability on the topic of the Pythagoras theorem at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 27 students as the sample and they were taken by using cluster random sampling technique from 167 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using contextual learning model was 3.85 (very good category) and (b) students’ mathematical creative thinking ability on the topic of the Pythagorean theorem before using contextual learning model was 53.77 (fair category) and after using contextual learning model was 82.28 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 22) and N-gain formulation, the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05) and g= 0.74 (high category). It means, using contextual learning model was very effective used on students’ mathematical creative thinking ability on the topic of the Pythagorean theorem at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.