EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN
Main Authors: | Manalu, Eprianti, Elindra, Rahmatika, Lubis, Roslian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1774 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1774/942 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran NHT efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas delapan SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 25 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari 169 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran NHT adalah 3,83 (kategori sangat baik) dan (b) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistim persamaan linear dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran NHT adalah 50,88 (kategori sedang) dan setelah menggunakan model pembelajaran NHT adalah 79,76 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 17), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, model pembelajaran NHT efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.
- The aim of this study was to know whether using NHT learning model was effective on students’ mathematical problem solving ability on the topic of twovariables linear equation system at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 25 students as the sample and they were taken by using simple random sampling technique from 169 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using NHT learning model was 3.83 (very good category) and (b) students’ mathematical problem solving ability on the topic onevariables linear equation system before using NHT learning model was 50.88 (fair category) and after using NHT learning model was 79.76 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 17),the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, NHT learning model was effective used on students’mathematical problem solving ability on the topic twovariables linear equation system at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.