EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN
Main Authors: | Lubis, Masdewani, Siregar, Eva Yanti, Harahap, Sinar Depi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1625 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1625/934 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran time token terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimental (one group pretest post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan mereka diambi ldengan menggunakan teknik simple random sampling dari 169 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran time token adalah 2,87 (kategori baik) dan (b) kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topic sistem persamaan linear dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran time token adalah 52.48 (kategori sedang) dan setelah menggunakan model pembelajaran time token adalah 81,25 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistic inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22) dan formulasi N-gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0.000 <0.05) dan g = 0.75 (tinggi). Artinya, menggunakan model pembelajaran time token sangat efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan topik sistem persamaan linier dua variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.
- The aim of this study is to describe the effectiveness of using time token learning model on students’ mathematical problem solving ability on the topic of twovariables linear equations system at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 27 students as the sample and they were taken by using simple random sampling technique from 169 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of usingtime token learning model was 2.87 (good category) and (b) students’ mathematical problem solving ability on the topic of twovariables linear equations system before using time token learning model was 52.48 (fair category) and after using time token learning model was 81.25 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 22) and N-gain formulation, the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05) and g= 0.75 (high). It means, using time token learning modelwas very effective used on students’ mathematical problem solving ability on the topic of twovariables linear equations system at the eighth grade students of SMP Negeri 9 Padangsidimpuan.