Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di MTs. AL-Mukhtariyah Sungai Dua Portibi
Main Authors: | Rokiah, Siti, Elindra, Rahmatika, Lubis, Roslian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1618 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1618/933 |
Daftar Isi:
- The aim of this study is to describe the effectiveness of using reciprocal teaching on students’ mathematical problem solving ability on the material system of two-variable linear equations at the eighth grade students of Mts. Al-Mukhtariyah Sungai Dua Portibi. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 30 students as the sample and they were taken by using random sampling technique from 134 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using reciprocal teaching was 2.87 (good category) and (b) the average of students’ mathematical problem solving ability on the material system of two-variable linear equations before using reciprocal teaching was 65.25 (enough category) and after using reciprocal teaching was 85.7 (very good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 16), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, using reciprocal teaching was effective used on students’ mathematical problem solving ability on the material system of two-variable linear equations at the eighth grade students of Mts. Almukhtariyah Sungai Dua Portibi.
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas penggunaan reciprocal teaching pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas delapan Mts. Al-Mukhtariyah Sungai Dua Portibi. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 30 siswa s ebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik random sampling dari 134 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan reciprocal teaching adalah 2,87 (kategori baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada sistem materi persamaan linear dua variabel sebelum menggunakan reciprocal teaching adalah 65,25 (kategori cukup) dan setelah menggunakan reciprocal teaching adalah 85,7 (kategori sangat baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 16), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Ini berarti, menggunakan reciprocal teaching efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas delapan Mts. Almukhtariyah Sungai Dua Portibi