PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN SETTING SCRIPT DAN BERBASIS MASALAH UNTUK REPRESENTASI DAN DISPOSISI
Main Authors: | Dewi, Desak PT Novia, Sariyasa, Sariyasa, Astawa, I Wayan Puja |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1579 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1579/760 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa SMP N 3 Tampaksiring. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan disain The statistic Group Postest only design yang melibatkan 306 siswa. Dengan teknik cluster random sampling dipilih 2 kelas sebagai sampel kemudian dilakukan pengudian untuk terpilih kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Intervensi pada kelompok eksperimen I adalah pengajaran dengan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan pada kelas eksperimen II dengan model pembelajaran berbasis masalah serta dilaksanakan dalam 8 pertemuan. Data kemampuan representasi matematis siswa dikumpulkan menggunakan tes esai dan data disposisi dikumpulkan dengan angket. Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan uji MANOVA dengan tingkat signifikansi 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran model berbasis masalah. Oleh karena itu dapat disimpulkan terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif script berbantuan geogebra dan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan representasi dan disposisi matematika siswa SMP N 3 Tampaksiring
- This study aims to describe the differences in the influence of geogebra-assisted script cooperative learning models and problem-based learning models on the ability of mathematical representation and disposition students of SMP N 3 Tampaksiring. This quasi-experimental research uses the design of the statistic Group Postest only design which involved 306 students. With the cluster random sampling technique 2 classes are selected as a sample then the experimental class I and experimental class II were chosen. The intervention in the experimental group I was teaching with the influence of a geogebra-assisted script cooperative learning model and in the experimental class II with a problem-based learning model and was carried out in 8 meetings. Data on students' mathematical representation abilities were collected using essay tests and disposition data were collected by questionnaire. Furthermore, the data were analyzed using MANOVA test with a significance level of 5%. The results show that the mathematical representation and disposition abilities of students who take lessons with the geogebra-assisted script cooperative learning model are significantly better than students who take problem-based learning models. Therefore it can be concluded that there are differences in the influence of the geogebra-assisted script cooperative learning model and the problem-based learning model on the mathematical representation and disposition abilities students of SMP N 3 Tampaksiring.