EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS II PATAYAT PONDOK PESANTREN MUSTHAFAWIYAH PURBA BARU
Main Authors: | Hasibuan, Ummawiyah, Siregar, Eva Yanti, Lubis, Roslian |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
, 2020
|
Online Access: |
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1502 http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1502/932 |
Daftar Isi:
- Abstract The aimof this studyis to know whether the use of quantum teaching is effective on students’ mathematical problem solving ability at the second Patayat Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 48 students as the sample and they were taken by using cluster random sampling technique. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using quantum teaching was 3.5 (good category) and (b) the average of students’ mathematical problem solving ability before using quantum teaching was 46.62 ( fair category) and after using quantum teaching was 78.74 (good category). Furthermore, by using pair sample ttest(SPSS 22), the result showed the significant value was less than 0.005 (0.000<0.005).It means,the use of quantum teaching is effective on students’ mathematical problem solving ability at the second Patayat Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas II Patayat Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru.Metode penelitian ini menggunakan metode eksprimen.Populasi seluruh kelas II patayat Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 patayat dengan menggunakan cluster Random sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis inferensial dan analisis data efektifitas. Hasil penelitian gambaran penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching siswa berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,5. Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching berada pada kategori kurang dengan perolehan nilai rata-rata 46,62. Sedangkan sesudah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rat-rata 78,74. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “ Penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa”.