EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODELPEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI PONPES AL-MUKHTARIYYAH SUNGAI DUA

Main Authors: Harahap, Ria lestari, Siregar, Yulia Pratiwi, Lubis, Roslian
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1345
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1345/769
Daftar Isi:
  • Abstract   This study aims to know whether there is a significant effectiveness of using Think Pair Share (TPS) learning model on students’ mathematical problem solving ability on the topic of solid at the eighth grade students of Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi. The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 42 students as the sample and they were taken by using simple random sampling technique from 128 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of using TPS learning model was 3,33 (very good category) and (b) the average of students’ mathematical problem solving ability on the topic of solid before using TPS learning model was 61.65 (enough category) and after using TPS learning model was 79.66 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 20),the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, there is a significant effectiveness of using Think Pair Share (TPS) learning model on students’ mathematical problem solving ability on the topic of solid at the eighth grade students of Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi.   Keywords: TPS learning model, on students’ mathematical problem solving      ability 
  •   Abstrack   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII Ponpes  Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi yang terdiri dari 3 ruangan yang berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling.Dengan menggunakan teknik tersebut yang terpilih kelas VIII-b yang berjumlah 42 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one Grup Pretest Posttest Design, yakni untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan.Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi, RPP, Tes.Untuk menganalisis data digunakan Analisis Deskriptif dan Statistik Inferensial.Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)  yaitu 3,33 termasuk dalam kategori “ Sangat Baik”. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) nilai rata-rata 61,65 termasuk dalam kategori “Cukup” setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS)  mencapai nilai rata-rata sebesar 79,66 termasuk dalam kategori “Baik”.Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Artinya “kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).   Kata kunci : Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah siswa.