EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVENMENT DIVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN

Main Authors: Tambunan, Nurhalima, Siregar, Eva Yanti, Harahap, Muhammad Syahril
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1336
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1336/767
Daftar Isi:
  • The aim of this study is to describe the effectiveness of using cooperative learning model of STAD type on students’ mathematical solving ability at the tenth grade students of SMA Negeri 1 Angkola Selatan. This research was conducted by applying experimental (one group pre test post test design) with 25 students as the sample and they were taken by using cluster sampling technique from 140 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it was found: (a) the average of using STAD type was 3.45 (very good category) and (b) the average of students’ mathematical solving ability before using STAD type was 48.92 (fair category) and after using STAD type was 75.88 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest, (SPSS version 22), the result showed the significant value was less than 0.05 (0.000<0.05). It means, there is a significant effectiveness of using cooperative learning model of STAD type on students’ mathematical solving ability. By describing of effectiveness of using STAD type was 1) 7.7% students used STAD type enough effectively, 2) 48.6% students used STAD type effectively, 3) 43.7% students used STAD very effectively.
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kemampuan pemecahan matematika siswa pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Angkola Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan eksperimen (one group pre test post test design) dengan sampel 25 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling dari 140 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan tipe STAD adalah 3,45 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan matematika siswa sebelum menggunakan tipe STAD adalah 48,92 (kategori kurang) dan setelah menggunakan tipe STAD adalah 75,88 (kategori baik). Selanjutnya, berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya, ada efektifitas yang signifikan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada kemampuan pemecahan matematika siswa. Dengan menggambarkan keefektifan penggunaan tipe STAD adalah 1) 7,7% siswa menggunakan tipe STAD secara efektif, 2) 48,6% siswa menggunakan tipe STAD secara efektif, 3) 43,7% siswa menggunakan STAD dengan sangat efektif.