EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Main Authors: Hutauruk, Melati Kartika, Siregar, Yulia Pratiwi, Siregar, Eva Yanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan , 2020
Online Access: http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1156
http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1156/766
Daftar Isi:
  • Abstrak This study aims to describe of using realistic mathematical learning on students’ mathematical creative thinking ability on the topic solid figure at the eighth grade students of SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.  The research was conducted by applying experimental method (one group pretest post test design) with 25 students as the sample and they were taken by using simple random sampling technique from 153 students. Observation and test were used in collecting the data. Based on descriptive analysis, it could be found (a) the average of using realistic mathematical learning was 3.5 (very good category) and (b) the average of students’ solid figure achievement before using realistic mathematical learning was 61.64 (enough category ) and after using realistic mathematical learning was 78.92 (good category). Furthermore, based on inferential statistic by using pair sample ttest (SPSS 17), the result showed significant value was less than 0.05(0.00 < 0.05). It means realistic mathematical learning was effective used on  students’ mathematical creative thinking ability on the topic solid figure at the eighth grade students of SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.   Keywords: Realistic Mathematical Learning, Mathematical Creative Thinking Ability
  • ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat efektivita santara pembelajaran Matematika  Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksprimen desain penelitian one-group Pretest-Posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang terdiri dari 6 kelas jumlah siswa 153 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan kelas yang terpilih untuk sampel adalah kelas VIII3  jumlah siswa 25 siswa. Jadi sampel penelitian sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis deskriptif menggambarkan bahwa nilai rata – rata  pembelajaran Matematika Realistik sebesar 3,5 nilai rata – rata untuk kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum menggunakan  pembelajaran Matematika Realistik sebesar 61,64  kategori cukup dan nilai rata–rata kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan  pembelajaran Matematika Realistik sebesar 78,92  kategori baik. Agar diketahui hipotesis yang di tegakkan dalam penelitian ini efektif atau tidak, maka dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh nilai sig <0,05, maka hipotesis alternatif yang di ujikan dapat diterima.  Kata lain “Terdapat efektivitas antara  pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan”.   Kata Kunci:  Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir kreatif Matematis