UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR JUMP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA TANGAN DENGAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS IX SMP N 5 INDRALAYA UTARA TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | Hermansah, Bambang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas PGRI Palembang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/article/view/1984 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/hon/article/view/1984/1792 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian bertujuan mengetahui peningkatan belajar Jump shoot bolatangan melalui gaya mengajar Resiprokal pada siswa kelas IX SMP N 5Indralaya Utara Tahun Ajaran 2017/2018, Pembelajaran menggunakan gaya mengajar Resiprokal, Test Belajar I dan Tes belajar II aplikasi teknik dasar Jump shoot bola tangan sebanyak tiga kali pertemuan. (1) tes hasil belajar sebelum menggunakan gaya mengajar Resiprokal (pre test) diperoleh 5 siswa (15,62%), sedangkan 27 siswa (84,37%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 45,03%. (2) dari tes hasil belajar menggunakan gaya mengajar resiprokal di siklus I 17 siswa (53,12%) mencapai ketuntasan belajar, 15 siswa (46,87%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai 69,09%. Kemudian dilakukan gaya mengajar Resiprokal dengan berbagai variasi (3) dari tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%) mencapai ketuntasanbelajar, 4 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai ratarata 79,40%. Hal ini dapat dilihat bahwa peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,31. ketuntasan klasikalnya sebesar 34,38%. Berdasarkan analisis bahwa gaya mengajar Resiprokal meningkatkan hasil belajar jump shoot bola tangan pada siswa kelas IX SMP N 5 Indralaya Utara Tahun Ajaran 2017/2018.