Perancangan Engine Game 3 Dimensi dengan menggunakan Back Face, Viewing Frustum dan Occlusion Cullin
Main Authors: | Gazali, Wikaria, Santoso, Djunaidy, Tjandra, Randy |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer
, 2010
|
Online Access: |
http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalilkom/article/view/1097 |
Daftar Isi:
- Dalam pembuatan sebuah game untuk skala industri maupun komersial memiliki permasalahan yang cukup kompleks yaitu kompleksitas pemrograman, alokasi memori yang tepat dan automatisasi untuk segala keperluan resource sehingga membuat game memiliki biaya operasional yang sangat besar. Dengan menggunakan aplikasi third tier maka operasional dapat dipotong, karena beberapa permasalahan di atas dapat diatasi dan pembuat game menjadi lebih fokus dengan gameplay maupun assets game. Beberapa aplikasi third tier telah menjadi solusi salah satunya adalah engine game. Engine game merupakan komponen utama dalam pembuatan game. Dengan penggunaan engine game ini maka pembuatan game akan menjadi lebih mudah dan memotong biaya operasional. Engine game yang baik adalah engine yang dapat menyeimbangkan proses antara CPU (processor ) dan GPU (graphics card). Proses GPU tergantung pada kekuatan grafis sedangkan proses CPU tergantung dari bagaimana engine memanfaatkan processor. Salah satu cara meningkatkan proses kerja processor adalah dengan menggunakan teknik culling. Culling adalah teknik memfilter polygon dengan menggunakan perhitungan tertentu sehingga GPU tidak terbebani dengan jumlah polygon yang terlalu banyak. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik culling. Teknik back face untuk memfilter polygon yang memiliki arah searah dengan arah camera, teknik viewing frustum yang memanfaatkan piramida frustum untuk memfilter polygon dan teknik occlusion culling yang memfilter polygon yang berada di balik polygon lain yang lebih besar. Dengan mengimplementasi ini maka didapatkan engine yang mampu menyeimbangkan proses antara CPU dan GPU. Kata kunci: engine, gameplay, culling, back face, viewing frustum dan occlusion culling.