PENINGKATAN KOSAKATA ANAK DENGAN HAMBATAN PENDENGARAN MELALUI AUDITORY VERBAL THERAPY (AVT) (STUDI SINGLE SUBJECT RESEARCH DI YAYASAN AURICA SURABAYA)
Main Author: | RAFIKAYATI, ANA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Fakultas Pedagogi dan Psikologi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/763 http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/763/640 |
Daftar Isi:
- Akibat keterbatasan kemampuan mendengar, kosakata anak dengan hambatan pendengaran menjadi terbatas. Mereka kesulitan dalam menamai suatu benda (melabel) dikarenakan keterbatasan kosakata yang mereka miliki baik lisan maupun tulisan. Auditory Verbal Therapy (AVT) adalah terapi yang melatih anak dengan hambatan pendengaran untuk dapat mengoptimalkan fungsi pendengaran yang telah disediakan melalui ABD maupun cochlear implant sebagai modal dalam menerima informasi dari lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui peningkatan kosakata anak dengan hambatan pendengaran melalui Auditory Verbal Therapy (AVT) di Yayasan Aurica Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian subjek tunggal (Single Subject Research (SSR)). Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan A-B-A dengan A adalah baseline dan B adalah intervensi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah subjek tunggal yakni ST (salah satu anak dengan hambatan pendengaran sangat berat yang telah menggunakan cochlear implant). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik tes praktik (performance test). Selanjutnya data dianalisis menggunakan inspeksi visual yang terdiri atas (1) analisis dalam kondisi, dan (2) analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada fase baseline (A1) penguasaan kosakata anak adalah sebesar 29%. Setelah diadakan tindakan pada fase intervensi (B) kemampuan siswa meningkat menjadi 53,9 %. Selanjutnya diadakan tes pada fase baseline (A2) sebagai tolak ukur, dan ternyata kemampuan mengoperasikan aplikasi Coreldraw subjek menjadi menjadi 72 %. Jadi peningkatan penguasaan kosakata dari fase baseline 1 ke intervensi sebesar 43 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa AVT dapat meningkatkan kosakata anak dengan hambatan pendengaran.