ANALISIS BISNIS DAN PENGEMBANGAN E-MARKETPLACE PENYEDIA JASA GURU LES PRIVAT DENGAN PENDEKATAN PROTOTYPING
Daftar Isi:
- Pendidikan merupakan sebuah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi oleh setiap orang, untuk memenuhi kebutuhan pendidikan setiap orang dapat mengikuti berbagai macam jenis pendidikan salah satunya adalah pendidikan non-formal seperti les. Layanan les yang disediakan saat ini dirasa belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat karena layanan les biasanya hanya bersifat materi umum seperti pelajaran sekolah, sedangkan permintaan untuk layanan les diluar pelajaran sekolah tidak terfasilitasi. Sehingga dibutuhkan sebuah website e-marketplace untuk menfasilitasi seluruh layanan les. Metode yang digunakan untuk mengembangkan e-marketplace ini adalah pendekatan prototyping yang memiliki beberapa tahapan. Pertama yaitu communication yang dilakukan dengan stakeholder. Kedua Planning untuk perencanaan penelitian. Ketiga modelling untuk perancangan prototype. Keempat construction yaitu pembuatan prototype. Tahap terakhir yaitu deployment melakukan pengujian prototype. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan e-marketplace penyedia jasa guru les privat, berdasarkan usability test menggunakan WEBUSE, aplikasi ini mendapatkan nilai 0,70 (good) pada role guru, dan mendapatkan nilai 0,75 (good) pada role murid. Kata kunci : e-marketplace, prototyping, WEBUSE