Daftar Isi:
  • Pola konsumsi masyarakat yang semakin banyak menggunakan platform digital untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat turut mempengaruhi industry travel. Sector online travel ini menyumbang lebih dari 38 persen dari perkiraan pertumbuhan ekonomi internet di Asia Tenggara. Traveloka telah disediakan di situs Google Play dan diunduh lebih dari 30 juta kali, menjadikannya aplikasi mobile paling populer di Asia Tenggara. Hal yang menarik dari aplikasi google play ialah adanya sebuah fitur yang dapat berisi ulasan dari para penggunanya yang bisa dianalisis untuk mengetahui emosi yang terkandung didalamnya. Deteksi emosi yang dianalisis yakni berupa emosi senang, sedih, terkejut dan marah. Pada studi kasus ini, klasifikasi data yang dilakukan menggunakan metode Naïve Bayes yang digunakan ada 3 macam (Multinomial NB, Bernoulli NB, dan Gaussian NB), dengan tujuan untuk mendapatkan nilai akurasi yang terbaik dan memiliki sebaran nilai F1 score yang merata. Dari penelilitian yang dilakukan data ulasan aplikasi Traveloka yang didapat dari bulan November 2019 hingga bulan Januari 2020 yakni 2.662 ulasan, hasil akurasi terbaik didapatkan dengan menggunakan metode Multinomial NB dengan menggunakan metode Hold Out sebanyak 20% data test dengan akurasi sebesar 86% sedangkan metode Bernoulli NB akurasinya sebesar 69% dan Gaussian NB akurasinya sebesar 44%. Kata Kunci: Data Mining, Emosi, Google Play, Klasifikasi, Naïve Bayes, Traveloka.