Daftar Isi:
  • Nilai perusahaan dapat mencerminkan kondisi kinerja perusahaan yang dapat mempengaruhi persepsi investor terhadap perusahaan. Nilai perusahaan dapat diukur melalui nilai harga saham di pasar, berdasarkan terbentuknya harga saham perusahaan di pasar, yang merupakan refleksi penilaian oleh publik terhadap kinerja perusahaan secara rill. Peningkatan nilai perusahaan ini dapat memberikan sinyal yang baik kepada investor agar berinvestasi pada perusahaan tersebut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan antara lain struktur modal, keputusan investasi, dan return on equity dsb. Atas dasar pemikiran itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai perusahaan pada perusahaan properti dan real estate di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan properti dan real estate periode 2015-2018 sebanyak 53 perusahaan, dan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling diperoleh 44 perusahaan properti dan real estate. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang di publikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa (1) Strutur modal mampu meningkatkan nilai perusahaan. (2) Keputusan investasi mampu meningkatkan nilai perusahaan. (3) Return on Equity mampu meningkatkan nilai perusahaan. Kata Kunci : Struktur Modal, Keputusan Investasi, Return On Equity, dan Nilai Perusahaan.