FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM DI KABUPATEN GRESIK DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh moral wajib pajak, tarif pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan dan hukum terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM di Kabupaten Gresik dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang ada di Kabupaten Gresik dan terdata di Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 Wajib Pajak UMKM. Data yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer yang dikumpulkan melalui survei kuesioner secara langsung. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi/moderating regression analysis. Analisis regresi linear berganda untuk hipotesis moral wajib pajak, tarif pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan dan hukum. Analisis regresi moderai untuk hipotesis moral wajib pajak, tarif pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan dan hukum yang dimoderasi oleh sosialisasi perpajakan. Hasil penelitian dengan analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa moral wajib pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan dan hukum berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM, sedangkan tarif pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Analisis variabel moderasi menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan mampu memoderasi moral wajib pajak dan tingkat kepercayaan pada sistem pemerintahan dan hukum terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Akan tetapi sosialisasi perpajakan tidak mampu memoderasi tarif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Kata kunci: Moral, Tarif, Tingkat Kepercayaan, Sosialiasi, Kepatuhan Wajib Pajak