Daftar Isi:
  • Setiap perusahaan memiliki tujuan utama dalam menjalankan usahanya yaitu memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui maksimisasi nilai perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang tercermin pada harga saham. Sektor property, real estate, dan building construction adalah sektor penting di suatu negara, namun pada tahun 2019 ini sedang mengalami stagnasi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan property, real estate dan building construction yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2018. Metode penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan hingga didapatkan sampel sebanyak 57 perusahaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Profitabilitas (Return On Equity) memberikan kontribusi dalam meningkatkan nilai perusahaan, sedangkan Leverage (Debt to Equity Ratio) dan Ukuran Perusahaan (Ln. Aset) tidak memberikan kontribusi pada nilai perusahaan. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan.