Daftar Isi:
  • Akuntansi merupakan suatu hal yang pasti dilakukan dalam kegiatan apapun baik kegiatan usaha, perkantoran, maupun kegiatan sehari-hari. UMKM menjadikan akuntansi sebagai alat untuk mengambil suatu kebijakan kedepan. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh persepsi pemilik dan pengetahuan tentang akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi disamping itu dimoderasi self efficacy. Penelitian menggunakan ini metode kuantitatf dengan data primer yang diukur menggunakan skala likert. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM kota Madiun yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Landasan teori yang digunakan adalah teori atribusi dan teori motivasi. Populasi yang dalam penelitian ini sebanyak 1900 pelaku UMKM sedangkan, sampel yang diambil 96 pelaku UMKM dengan mengunakan random sampling. Pengolahan data penelitian ini menggunakan smart PLS 3.0.v Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara variabel persepsi pemilik (X1) dan pengetahuan akuntansi (X2) terhadap penggunaan informasi akuntansi (Y). Tidak ada pengaruh yang signifikan antara variabel persepsi pemilik (X1) dan pengetahuan Kata kunci : penggunaan informasi akuntansi, self efficacy, pengetahuan akuntansi, dan pelaku umkm