MENINGKATKAN KEMAMPUAN SELF-EFFICACY SISWA SMP MELALUI SITUATION-BASED LEARNING (SBL) BERBANTUAN PROGRAM GEOMETER’S SKETCHPAD (GSP)

Main Authors: Sowanto, Sowanto, Maryatinnisah, Anna
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Matematika , 2019
Online Access: http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/172
http://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/SM/article/view/172/102
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan tingkat Self-Efficacy (keyakinan diri) siswa akan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah matematis. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan pembelajaran yang menggunakan Situation-Based Learning (SBL) berbantuan Program Geometer’s Sketchpad (GSP). Adapun yang dikaji dalam penelitian ini adalah masalah perbedaan self-efficacy siswa setelah pembelajaran diberikan baik dengan menggunakan Situation-Based Learning (SBL) berbantuan Program Geometer’s Sketchpad (GSP) maupun dengan Pembelajaran Biasa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design disertai teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kempo yang ada di Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket self-efficacy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-efficacy siswa yang mendapat Situation-Based Learning (SBL) berbantuan Program Geometer's Sketchpad (GSP) tidak berbeda dibandingkan siswa yang mendapat pembelajaran biasa. Begitu juga ditinjau dari dimensinya, self-efficacy matematis siswa yang mendapat Situation-Based Learning (SBL) berbantuan Program Geometer's Sketchpad (GSP) dilihat dari dimensi Magnitude, Strength, dan Generality tidak berbeda secara signifikan dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran secara biasa.