UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA MANUSIA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Main Author: | Sudarja, Jeje |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Kuningan
, 2016
|
Online Access: |
https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/511 https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/511/402 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahuipeningkatan keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah, berpikir kritissiswa dan peningkatan respon siswa di kelas IX B SMPN I Karangkancana pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Subjek Penelitian Tindakan Kelas adalah siswa kelas IX Btahun pelajaran 2015/2016yang terdiri atas 14 perempuan dan 17 laki – laki (31 siswa).Rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang digunakana sistem spiral refleksi diri yang setiap siklus meliputi rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, dan refleksi tindakan. Siklus 1 meliputi konsep indra penglihatan manusia, dan siklus 2 meliputi konsep indra pendengaran manusia. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukan bahwa : 1.Terjadi peningkatan keterlaksanaan pembelajaran dari sisi siswa katagori “cukup” untuk siklus 1 (64,06%) meningkat jadi kategori “baik” untuk siklus 2 (78,65%) sedangkan dari sisi guru pada siklus 1 (81,25%) dan siklus 2 (83,85%) masuk kategori “baik”. 2. Terjadi peningkatan berpikir kritis berdasarkan nilai rata - rata sebesar 6,16% dengan peningkatan katagori “cukup” untuk siklus 1 (67,82%) menjadi kategori “baik” untuk siklus 2 (73,10%). 3.Terjadi peningkatan respon siswa berupa respon positif sebesar 75,06% dengan interpretasi “hampir seluruhnya” untuk siklus 1 dan menjadi 93,28 dengan interpretasi “hampir seluruhnya” untuk siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX B pada materi sistem indra manusia di SMPN I Karangkancana Tahun pelajaran 2015/2016. Kata kunci : Berpikir Kritis, Sistem Indra Manusia, Pembelajaran Berbasis Masalah