PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ELEMENTARY CLARIFICATION (MEMBERIKAN PENJELASAN SEDERHANA)

Main Authors: Yuni, Dede, Warsono, Warsono, Afifi, Ruhana
Other Authors: Universitas Galuh Ciamis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Kuningan , 2019
Online Access: https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/1919
https://journal.uniku.ac.id/index.php/quagga/article/view/1919/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning (GDL) terhadap kemampuan berpikir kritis elementary clarification (memberikan penjelasan sederhana) siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperiment yang memberikan satu perlakuan terhadap subjek yang sama berupa penggunaan model pembelajaran GDL pada kelas eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Baregbeg dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Adapun sampel yang terpilih adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari 10 soal dengan pokok bahasan ekosistem. Hasil penelitian ini disimpulkanbahwa terdapat pengaruh model GDL terhadap kemampuan berpikir kritis elementary elarification (memberikan penjelasan sederhana) siswa.Kata Kunci : guided discovery learning, berpikir kritis.