STRATEGI HUMAS PEMERINTAH KOTA SURAKARTA DALAM MEMPUBLIKASIKAN SIPA MAHASWARA

Main Authors: Mahendra, Tiffany S, Purnawijaya, Jaya
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Institut Bisnis dan Komunikasi LSPR , 2019
Online Access: http://journal.lspr.edu/index.php/communicare/article/view/57
http://journal.lspr.edu/index.php/communicare/article/view/57/38
Daftar Isi:
  • Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta untukmenjadikansebagaikota budaya melakukan banyak kegiatan yang bernuansa seni-budaya. Salah satunya adalahSolo International Performing Art  (SIPA),diadakantiap tahun sejak 2009. SIPAMahaswara adalah pagelaran ke 8 yang dilaksanakan Tahun2016. Humas Pemkot Surakarta memiliki strategi untuk mensukseskan acaratersebut. Strategi yang dilakukan menggunakan berbagai macam media publikasi seperti media online dan media cetak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara,observasi,dan penelusuran dokumen. Analisis data menggunakan Miles & Huberman, menemukan hasil bahwa Humas Pemkot Surakarta melakukan publikasi secara keseluruhan terhadap kegiatanSIPA.Dalam hal publikasi SIPA Mahaswara, pihak Pemkot Surakarta menggunakan berbagai media seperti brosur, leaflet, poster, flyer, media internal, dan press release. Media internal yang digunakan terdiri dari beberapa macam media seperti media sosial baik milikHumas Pemkot Surakarta, Dinas Pariwisata dan SIPA, buku calender of eventdan papan pengumuman yang diletakan di hotel-hotel yang ada di Solo, website baik dari Pemkot Surakarta dan SIPA, serta aplikasi solo destination yang hanya dapat diunggahdi android.