OPTIMALISASI OFFICE CHANNELING DALAM MENINGKATKAN PANGSA PASAR PERBANKAN SYARIAH PADA BNI SYARIAH CABANG MAKASSAR

Main Author: Alrauf, Alrauf
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar , 2019
Subjects:
Online Access: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir/article/view/11797
http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lamaisyir/article/view/11797/7548
Daftar Isi:
  • Penelitian hendak melihat optimalisasi penerapan office channelling pada Bank BNI Syariah Cabang Makassar. Metodologi penelitian teologis normatif (syar’i), pendekatan yuridis (perundang-undangan), dan pendekatan sosiologis. Proses pengumpulan data menggunakan data pustaka dan data lapangan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan sharia channeling office masih sebatas pada penghimpunan dana pihak ketiga tabungan, sedangkan untuk pembiayaan hanya di kantor Cabang BNI Syariah Makassar faktor pendukung dalam penerapan sharia channeling office memiliki jaringan yang luas baik dalam maupun luar negeri dan telah didukung sarana dan teknologi informasi yang memadai, tingginya minat masyarakat berpindah ke bank syariah, khususnya di Kota Makassar. Faktor penghambat minimnya sosialisasi dan edukasi ke masyarakat, serta tidak diakuinya pencapaian kinerja bisnis outlet sharia channeling office sebagai bagian pencapaian kinerja bisnis secara keseluruhan dampak penerapan sharia channeling office BNI Syariah, dana pihak ketiga meningkat, market share bertambah, akses layanan ke masyarakat meluas dan dapat bersaing dengan bank konvensional. Implikasi penelitian adalah diharapakan BNI Syariah dapat meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi service dan produk dikantor sharia channeling office. BNI selaku pelaksana sharia channeling office dalam menentukan target dan pencapaian kinerja bisnis sehingga dapat mendorong pertumbuhan secara maksimal dan memotivasi SDM yang ada untuk lebih memahami produk dan layanan syariah.