ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA EKSPEDISI J&T EXPRESS (Studi Kasus Pada Konsumen J&T Express DP Driyorejo Gresik)
Main Authors: | Subarka, Akbar; Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Susanti, Ety Dwi; Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1540 |
Daftar Isi:
- J&T Express merupakan perusahaan penyedia jasa ekspedisi yang baru muncul selama tiga tahun terkahir. Namun dengan durasi yang cukup singkat, J&T Express telah sangat dikenal oleh para konsumen dan dapat diterima oleh masyarakat dengan cukup baik. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah menggunakan jasa ekspedisi J&T Express. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik insidental sampling. Adapun klasifikasi karakter responden yaitu seperti jenis kelamin, usia, jenis paket dan tujuan paket. Dalam penelitian ini menggunakan variabel latent dan variabel manifest yang telah di matrix. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis faktor exploratory. Pada perhitungan hasil akhir analisis faktor dengan memasukkan variabel manifest dan menghasilkan variabel tetap yaitu mutu pelayanan, harga seuai kualitas, tempat mudah ditemui, gratis ongkos kirim, kesopanan karyawan, kebersihan, menawarkan jasa jemput paket, harga terjangkau, tempat yang terjangkau, kesigapan karyawan, proses pengiriman tepat waktu, strategis, selogan mudah diingat, iklan di sosial media, ruang pelayanan nyaman, pelayanan hotline konsumen, potongan harga / promo, penampilan karyawan, fasilitas, proses klaim cepat, proses distribusi jelas, dan logo. Didapat bahwa nilai KMO dan Measure of Sampling Adequency (MSA) telah memenuhi syarat. Berdasarkan analisis faktor dengan menggunakan rotasi (varimax) diperoleh lima faktor pembentuk yang baru.Kata kunci : Bauran Pemasaran, Faktor yang Dipertimbangkan, Analisis Faktor, J&T Express.