FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PSIKOLOGIS PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RUMAH MAKAN SATE TEPI SAWAH (Jalan Petiken Driyorejo Gresik)

Main Authors: Meilinda, Eva; FISIP UPNVJT, Susanti, Ety Dwi; FISIP UPNVJT
Format: Article application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis , 2019
Online Access: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1527
Daftar Isi:
  • Faktor - faktor psikologis dipengaruhi oleh empat faktor yaitu : motivasi, persepsi, proses belajar, kepercayaan dan sikap. Perilaku konsumen merupakan proses yang terlibat ketikan individu atau kelompok memilih, membeli produk untuk kebutuhan konsumen. Sate Tepi Sawah merupakan rumah makan yang memiliki ciri khas produk makanan yang bermacam-macam dan pemandangan sawah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor - faktor psikologis apa saja yang mempengaruhi keputusan pembelian pada Rumah Makan Sate Tepi Sawah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan informan 13 (tiga belas) orang, pemilik rumah makan, karyawan 2 (dua) orang, dan konsumen 10 (sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis menggunakan versi Miles dan Huberman. Teknik keabsahan data yang digunakan peneliti adalah teknik trianggulasi.Hasil yang diperoleh dari faktor-faktor psikologis yaitu: motivasi konsumen karena adanya rasa ketertarikan dan keingintahuan, persepsi konsumen dari pemilihan produk makanan dan perolehan informasi yang membuat konsumen ingin datang, proses belajar konsumen terhadap produk yang sedang dinikmati saat ini, dan konsumen dapat menilai rasa dari produk makanan yang dibeli, kepercayaan dan sikap mengatakan bahwa konsumen akan melakukan pembelian ulang dan merasa puas. Hasil dari perilaku konsumen dapat mengembangkan sate tepi sawah. Hasil keputusan pembelian karena mengenali kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi atas informasi yang didapat, konsumen memutuskan pembelian, perilaku sesudah pembelian. Kata Kunci : Faktor - Faktor Psikologis, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian dan Rumah Makan Sate Tepi Sawah