CITRA MEREK (BRAND IMAGE) BERPENGARUH TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI SEPATU CONVERSE
Main Authors: | Pranata, Leonardo Sigit; FISIP UPNVJT, Prabowo, Budi; FISIP UPNVJT |
---|---|
Format: | Article application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
, 2019
|
Online Access: |
http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/jbi/article/view/1523 |
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini sangatlah ketat, terutama padaperusahaan sejenis. Industri yang berkembang saat ini adalah sepatu sneakers.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek(brand image) yang terdiri dari kekuatan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek,dan keunikan asosiasi merek terhadap keputusan konsumen membeli sepatuConverse.Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa administrasibisnis FISIP UPN “Veteran” Jawa Timur sebagai pembeli dan pengguna sepatuConverse. Sampel pada penelitian ini sebanyak 81 responden. Teknik penarikansampel menggunakan teknik Stratifikasi Proportionate Random Sampling. Metodeanalisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, yaitu uji validitas dan ujireliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi,uji F dan uji t.Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwasecara simultan variabel bebas yang diteliti memiliki pengaruh yang signifikanterhadap variabel keputusan pembelian. Secara parsial menunjukkan variabelkeunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek dan keunikan asosiasi merekmemiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.Variabel kekuatan asosiasi merek memiliki pengaruh paling signifikan terhadapkeputusan pembelian, sedangkan variabel keunikan asosiasi merek yang paling kecilberpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.