WAKTU PELAYANAN KAPAL DAN PRODUKTIFITAS ALAT PADA KEGIATAN BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN TERMINAL PETIKEMAS (TPK) KOJA

Main Author: Setyaningrum, Irmina
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Gunadarma , 2013
Online Access: https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/dekons/article/view/768
https://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/dekons/article/view/768/681
Daftar Isi:
  • AbstrakPelabuhan merupakan salah satu faktor terpenting bagi pemerintah dalam menjalankanroda perekonomian negara. Salah satu fasilitas yang dimiliki oleh pelabuhan yaituterminal peti kemas yang digunakan sebagai tempat keluar masuknya barang khususnyapeti kemas. Analisa kinerja pelayanan bongkar muat peti kemas perlu dilakukan seiringdengan meningkat arus peti kemas yang ada.Dalam melakukan analisa kinerja bongkarmuat, harus dilakukan perhitungan terhadap waktu bongkar muat, kecepatan bongkarmuat kapal, produktifitas bongkar muat, sedangkan simulasi arus peti kemas berdasarkanhasi korelasi terdekat antara arus peti kemas dengan variable bebas yang diperoleh darianalisa regresi pada program SPSS. Total waktu bongkar muat kapal (berth working time)yaitu 28,32 jam, sedangkan total waktu kapal selama di tambatan (berthing time) 29,32jam, total waktu selama di pelabuhan yaitu 30,32 jam sehingga kecepatan bongkar muatkapal di tambatan yaitu 1.158,19 ton/jam dengan througput rata-rata per 24 jam yaitu 927box. Produktifitas alat bongkar muat yaitu 647,70 ton/jam/unit untuk CC, 431,80ton/jam/unit untuk RTG, dan 129,54 ton/jam/unit untuk head truck. Rata-rata kunjungankapal yaitu 1,56 kapal/hari.