ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS DI KOTA BARU KEANDRA DIPENGARUHI OLEH KEGIATAN KOMERSIAL
Main Authors: | Larasati, Dinda Ayu, Nahdalina, Nahdalina |
---|---|
Other Authors: | Gunadarma University |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Gunadarma
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/dekons/article/view/5774 http://ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/dekons/article/view/5774/2519 |
Daftar Isi:
- Pembangunan kawasan dengan berbagai fasilitas komersial dapat menyumbang beban lalu lintas pada jaringan jalan di sekitarnya. Secara umum dampak lalu lintas akibat adanya pengembangan suatu kawasan dianalisis dalam kajian Traffic Impact Analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis traffic impact analysis akibat adanya pengembangan kawasan permukiman yang dilengkapi oleh adanya kegiatan komersial. Penelitian ini dilakukan pada kawasan Kota Baru Keandra di Kabupaten Cirebon, dengan simpang yang mengalami dampak adalah simpang Kenanga dan simpang Sindangjawa. Penelitian ini disimulasikan dengan menggunakan perangkat lunak PTV Vistro 2021 dan HCM 2010 sebagai kontrol perhitungan analisis. Data yang digunakan adalah data volume lalu lintas pada jaringan jalan di sekitar kawasan dan data bangkitan lalu lintas kawasan permukiman. Simulasi dilakukan pada kondisi aktual tahun 2021 dan kondisi mendatang tahun 2026. Hasil kondisi eksisting menunjukkan simpang di sekitar kawasan memiliki kinerja yang rendah. Hasil simulasi pada kondisi tahun 2026 menunjukkan kinerja jaringan jalan di sekitar kawasan semakin menurun. Untuk memperbaiki kinerja lalu lintas, dilakukan beberapa skenario yang dianalisis menggunakan simulasi lalu lintas. Beberapa skenario pebaikan yaitu pemasangan lampu lalu lintas pada simpang, melakukan perbaikan geometrik jalan dan simpang, serta kombinasi antara pemasangan lampu dan perbaikan geometrik jalan dan simpang di sekitar kawasan. Hasil simulasi perbaikan menunjukan skenario perbaikan geometrik jalan dan simpang dapat menurunkan nilai variabel tundaan paling optimal.