KENDALA INOVASI MEDIA DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BENGKULU
Main Authors: | Suryani, Meti, Yuliani, Fitria |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Muhammadiyah Bengkulu
, 2020
|
Online Access: |
http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jsikom/article/view/774 http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jsikom/article/view/774/630 |
Daftar Isi:
- Sejak awal tahun 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, telah mewajibkan kepada seluruh pemohon Paspor baik itu pemohon yang mengajukan permohonan Paspor, maupun pemohon yang mengajukan permohonan penggantian Paspor untuk menggunakan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) sebagai sarana mengoptimalkan kinerja pelayanan keimigrasian. Namun dalam prosesnya inovasi tersebut tidak lepas dari kendala dan permasalahan yang timbul, dalam pelaksanaannya. Tujuan penulisan ini adalah menggambarkan bagaimana kendala yang dihadapi oleh para pemohon pada saat menggunakan Aplikasi APAPO. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif kualitatif. Penerapan pelaksanaan pelayanan publik dengan menggunakan media online dalam yaitu Aplikasi APAPO yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI telah berjalan dengan baik, hal ini terlihat jika pemohon tidak perlu datang dan mengantri sejak pagi untuk mendapatkan nomor antrian,. tidak terjadi praktek pungutan liar, tidak ada lagi praktek percaloan dalam pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Namun dalam pelaksanaannya dalam penggunaan Aplikasi APAPO tersebut masih di temukan beberapa kendala.Kata Kunci : Inovasi Media dan Pelayanan Paspor