PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DENGAN ANAK DOWN SYNDROM DI SDN LB CURUP SELATAN

Main Authors: Novalia, Noni, Fajarini, Sri Dwi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Muhammadiyah Bengkulu , 2020
Online Access: http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jsikom/article/view/1104
http://jurnal.umb.ac.id/index.php/jsikom/article/view/1104/834
Daftar Isi:
  • Strategi komunikasi merupakan kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media) penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi komunikasi antar pribadi dijadikan sebagai sarana komunikasi bagi guru dalam proses belajar anak down syndrom, dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa di SDLB Negeri Curup Selatan menggunakan komunikasi antar pribadi dengan teori De Vito yang diterapkan dengan cara memberi bimbingan, keterbukaan, dukungan, empati, sikap positif dan kesetaraan bagi siswa tersebut, karena siswa berkebutuhan khusus tidak mampu bersosial, tetapi karena adanya komunikasi antar pribadi yang baik dari guru dengan anak down syndrom sudah mulai memahami dan mengerti, serta dapat berbaur dengan teman sebayanya sama-sama down syndrom. Strategi komunikasi antar pribadi yang digunakan SDLB Negeri Curup Selatan yang paling dominannya adalah keterbukaan dan dukungan. Kata Kunci: Strategi komunikasi, antar pribadi, down syndrom