PROFIL PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF
Main Authors: | Muliawati, Novita Eka; Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung, Nirmala, Zulfi Fauziah Eka; Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP PGRI Tulungagung
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1780 https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1780/807 |
Daftar Isi:
- Fokus penelitian ini adalah bagaimana profil proses berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Qur’an Nurul Falah dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kelas VIII MTs Qur’an Nurul Falah yang terdiri dari 1 siswa FI dan 1 siswa FD. Teknik pengumpulan data untuk mengukur gaya kognitif siswa menggunakan tes Grup Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) dan non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan berpikir kritis yakni: (1) klarifikasi; (2) assessment; (3) inferensi dan; (4) strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil proses berpikir kritis siswa FI dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi semua indikator kecuali indikator keempat yang mana subjek FI hanya dapat mengidentifikasi berbagai macam alternatif penyelesaian tetapi belum mampu untuk menyelesaikanya, (2) profil proses berpikir kritis siswa FD dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi sebagian indikator saja, untuk sebagian indikator subjek FD kurang menguasai tetap dapat menjawab dengan tepat apabila dibimbing pelan – pelan.