PROFIL PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Main Authors: Muliawati, Novita Eka; Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung, Nirmala, Zulfi Fauziah Eka; Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Tulungagung
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP PGRI Tulungagung , 2018
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1780
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1780/807
Daftar Isi:
  • Fokus penelitian ini adalah bagaimana profil proses berpikir kritis siswa kelas VIII MTs Qur’an Nurul Falah dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kelas VIII MTs Qur’an Nurul Falah yang terdiri dari 1 siswa FI dan 1 siswa FD. Teknik pengumpulan data untuk mengukur gaya kognitif siswa menggunakan tes Grup Embedded Figure Test (GEFT), tes kemampuan berpikir kritis (TKBK) dan non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara dianalisis berdasarkan pada indikator kemampuan berpikir kritis yakni: (1) klarifikasi; (2) assessment; (3) inferensi dan; (4) strategi dan taktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) profil proses berpikir kritis siswa FI dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi semua indikator kecuali indikator keempat yang mana subjek FI hanya dapat mengidentifikasi berbagai macam alternatif penyelesaian tetapi belum mampu untuk menyelesaikanya, (2) profil proses berpikir kritis siswa FD dalam memecahkan masalah matematika adalah mampu memenuhi sebagian indikator saja, untuk sebagian indikator subjek FD kurang menguasai tetap dapat menjawab dengan tepat apabila dibimbing pelan – pelan.