Contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika sosial
Main Authors: | Aulia, Hasma; STKIP PGRI Banjarmasin, Chairani, Zahra; STKIP PGRI Banjarmasin, Agustina, Winda |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
STKIP PGRI Tulungagung
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1753 https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1753/781 |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi di kelas VII MTsN 11 Tabalong diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa sebelumnya pada materi Aritmatika Sosial belum sesuai harapan. Terdapat 40% siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70 dengan rata-rata 60,34. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTsN 11 Tabalong dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri atas dua siklus, setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII pada materi Aritmatika Sosial dari sebelum tindakan 40% siswa yang tuntas menjadi 75,87% pada siklus I dan 89,66% pada siklus II