Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan metakognisi siswa

Main Authors: Choridha, Miftachul; Universitas Kanjuruhan Malang, Hariyani, Sri, Farida, Nur
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: STKIP PGRI Tulungagung , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1735
https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2m/article/view/1735/764
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran MMP mempengaruhi kemampuan metakognisi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one shoot chase study. Populasinya seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Malang dengan sampel 1 kelas yaitu kelas IX-G yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan metakognisi siswa adalah dengan menggunakan data sekunder berupa hasil UTS dan data primer berupa tes berbentuk essay yang diberikan setelah penerapan model pembelajaran MMP. Hasil analisis data sekunder diperoleh dengan rataan 65,78 dan data primer diperoleh dengan rataan 77,97. Data dianalisis menggunakan uji T bantuan program SPSS 21.0 for windows. Berdasarkan uji T yang dilakukan diperoleh thitung> ttabel yaitu 7,043 > 1,697 dengan angka signifikansi sebesar 0,000 dan taraf signifikansi 0,05. Sehingga dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model MMP terhadap kemampuan metakognisi siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Negeri 2 Malang. Kemampuan metakognisi dapat meningkat dengan banyaknya latihan soal yang diberikan salah satunya dengan penerapan model pembelajaran MMP karena adanya tugas proyek. Dari hasil temuan ini peneliti merekomendasikan kepada guru agar model pembelajaran MMP dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.