PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ROBOT ARM PADA MATA PELAJARAN MIKROKONTROLER SMK NEGERI 9 MAKASSAR

Main Author: Nuralamsyah, Nuralamsyah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar , 2016
Subjects:
Online Access: https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ILTEK/article/view/111
https://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ILTEK/article/view/111/82
Daftar Isi:
  • Penelitin ini bertujuan (1) Untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis robot arm pada mata pelajaran mikrokontroler Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 9 Makassar. (2) Untuk mengetahui aktivitas guru pada penerapan media pembelajaran berbasis robot arm dalam membantu pengajaran pada mata pelajaran mikrokontroler Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 9 Makassar. (3) Untuk mengetahui respon siswa pada penerapan media pembelajaran berbasis robot arm dalam membantu pengajaran pada mata pelajaran mikrokontroler Jurusan Elektronika Industri SMK Negeri 9 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Robot Arm. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang dilakukan dengan beberapa tahap yakni (1) analisis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Media pembelajaran berbasis Robot Arm yang telah dikembangkan, divalidasi oleh dua orang ahli dan mengalami revisi sehingga didapatkan hasil yang layak digunakan. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yakni uji coba pada tahap pengembangan pertama dan uji coba pada tahap pengembangan ke dua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Robot Arm yang dikembangkan setelah dilakukan validasi media tersebut dinyatakan valid. Media pembelajaran berbasis Robot Arm dikatakan praktis karena seluruh aspek dalam pembelajaran berada pada kategori terlaksana. Media pembelajaran berbasis Robot Arm dikatakan efektif karena telah memenuhi kriteria keefektifan, dengan hasil: (1) memenuhi syarat kevalidan, (2) aktivitas siswa terlaksana seluruhnya, (3) aktivitas guru terlaksana seluruhnya, dan (4) siswa memberikan respon yang positif terhadap media pembelajaran berbasis Robot Arm yang dikembangkan.