KAJIAN STRATEGI VISUAL PADA MEDIA PROMOSI MOTION GRAPHIC STASIUN PENYEDIA LISTRIK UMUM (SPLU)
Main Author: | Aswan, Rifki |
---|---|
Other Authors: | Universitas Mercu Buana |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Mercu Buana
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/2927 https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/2927/2055 |
Daftar Isi:
- Kajian strategi visual pada media promosi motion graphic stasiun penyedia listrik umum (SPLU) merupakan sebuah kajian yang dilakukan untuk mengungkap kegagalan strategi visual yang terjadi pada media promosi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. PT PLN meluncurkan motion graphic berjudul ‘PLN Disjaya SPLU’ pada tanggal 7 september 2016. Motion graphic ini tentunya bertujuan untuk mempromosikan fasilitas SPLU yang disediakan untuk masyarakat umum. Motion graphic ini diunggah pada sosial media youtube. Namun sampai pada November 2017 ini tercatat bahwa video ini baru ditonton sebanyak 378 viewer, dan 1 like, dan 0 dislike. Angka yang sangat rendah untuk sebuah tontonan yang telah tayang selama 1 tahun 2 bulan. Perbandingan jumlah like dengan viewer pun hanya 1 orang dari 378 viewer. Dengan berdasarkan perbandingan waktu, viewer dan likenya dapat dikatakan bahwa motion graphic ini gagal dalam mengkomunikasikan layanan fasilitas SPLU ke khalayak umum. Kegagalan fungsi motion graphic tersebut menjadi kasus yang mengherankan bagi penulis sendiri, mengingat bahwa secara tampilan visual dan materi yang ada dalam motion graphic ini tersusun dengan baik dan menarik. Untuk itu, kajian ini dilaksanakan untuk mencari tahu letak kesalahan dalam proses sosialisasinya. Dengan demikian, analisa terhadap strategi visual motion graphic ‘PLN Disjaya SPLU’ sangatlah dibutuhkan demi keberhasilan proses kampanye fasilitas SPLU yang disediakan pemerintah kedepannya.