DESAIN MATERI AJAR BAHASA ARAB BERBASIS CERITA RAKYAT UNTUK TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH
Main Author: | Akla, Akla |
---|---|
Format: | Article info Book application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Center for Research and Community Service, State Islamic Institute Metro
, 2016
|
Online Access: |
https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/461 https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/461/391 |
Daftar Isi:
- Tulisan ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan model materi ajar bahasa Arab berbasis cerita rakyat untuk Madrasah Ibtidaiyah disimpulkan bahwa model materi ajar bahasa Arab yang dibutuhkan peserta didik dan guru di Madrasah Ibtidaiyah adalah berbasis cerita rakyat yang mencakup empat keterampilan bahasa seimbang, menarik disertai gambar warna-warni dan sesuai dengan kehidupan peserta didik sehari-hari. Materi harus disertai dengan latihan-latihan yang cukup. Rancangan model Materi ajar bahasa Arab yang akan dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari: (1) analisis kebutuhan, (2) proses penyusunan draf model yang terdiri dari analisis kondisi pembelajaran yaitu analisis tujuan dan sumber belajar, langkah pengembangan yang terdiri dari kegiatan merumuskan SK-KD, menyusus silabus ,menetapkan metode dan media dan menyusun instrumen evaluasi dan langkah pengukuran hasil belajar. (3) menyusun draf materi ajar yang terdiri dari kata pengantar,petunjuk penggunaan materi dan petunjuk buku, analisis program pembelajaran dan kegiatan pembelajaran. Kesemuanya ini dirumuskan oleh peneliti dalam satu kesatuan materi ajar yang terdiri dari: isi materi, latihan dan evaluasi. Desain model materi ajar ini baru sebatas desain yang disusun berdasarkan penelitian pendahuluan. Untuk menguji efektifitas keberhasilan materi ini terhadap keterampilan berbahasa peserta didik perlu dilakukan penelitian lanjut This article deals with folklore-based learning materials for Arabic lesson at Islamic elementary school. Learning materials are supposed to be colorful and contextual to students’ daily lives. They also should be equipped by adequate exercises. The learning materials model designed in this study included: (1) needs analysis; (2) drafting instruction model which consisted of teaching objectives, teaching resources, competencies, syllabus, media, and assessment instruments; (3) designing the learning materials which embraced the acknowledgement, manual, and classroom activities. The learning materials design presented in this writing is preliminary in nature. The effectiveness of the learning materials needs a further investigation.