PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Author: | SUJONO, H. |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah IAI Hamzanwadi NW Pancor
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/198 https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/tadib/article/view/198/115 |
Daftar Isi:
- Pendidikan Nasional sesuai Undang Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 menjelaskan bahwa pendidikan nasional berpungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.Bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cakap, kreatif serta bertanggung jawab. Dalam rangka mewujudkan amanat Undang Undang tersebut, diperlukan berbagai upaya dan ikhtiar sehingga hasil yang diharapkan dapat dicapai dengan baik dan maksimal bagi kemajuan pribadi anak bangsa dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Kehadiran model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw diharapkan dapat menjadi slah satu alternatif jawaban dan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pada belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat atau enam orag secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri.