Pengaruh Gaya Kepemimpinan Atasan Dan Kualitas Pelayanan Perawat T erhadap Kepuasan Pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad

Main Author: Hayati, Teti
Other Authors: Unit Penelitian Pengabdian Masyarakat Akper RSPAD Gatot Subroto
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Akademi Keperawatan RSPAD Gatot Soebroto , 2018
Subjects:
Online Access: https://ejournal.akperrspadjakarta.ac.id/index.php/JEN/article/view/64
https://ejournal.akperrspadjakarta.ac.id/index.php/JEN/article/view/64/48
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditunjukkan untuk mendeskripsikan pengaruh gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad, baik secara sendiri- sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini berlangsung 2 bulan mulai September sampai dengan Oktober 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, Responden penelitian adalah pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad.sebanyak 60 orang yang dipilih berdasarkan teknik acak. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menghimpun data variabel gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien. Analisis data menggunakan teknik korelasi sederhana dan korelasi ganda serta tehnik regresi yang terdiri dari regresi linier sederhana dan ganda. Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Ini berarti makin tinggi gaya kepemimpinan atasan makin tinggi pula kepuasan pasien tersebut. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Ini berarti makin berkualitas pelayanan perawat akan makin tinggi kepuasan pasien tersebut. Demikian pula sebaliknya, makin kurang baik kualitas pelayanan perawat, makin rendah pula kepuasan pasien tersebut. Ketiga, terdapat pengaruh gaya kepemimpinan atasan dan kualitas pelayanan perawat secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien di Ruang Perawatan Bedah RSPAD Gatot Soebroto Puskesad. Dengan demikian berarti bahwa makin tinggi gaya kepemimpinan dan makin baik kualitas pelayanan, makin tinggi pula kepuasan pasien tersebut. Sebaliknya makin rendah gaya kepemimpinan dan makin kurang baik kualitas pelayanan makin rendah pula kepuasan pasien tersebut. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Atasan, Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan Pasien