EFEKTIFITAS MEDIA MENTIMETER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI BAHASA ARAB ERA PANDEMI COVID-19 DI MI AL-HUDA PENGASTULAN SERIRIT BALI
Main Authors: | Manshur, Umar, Rosdiana, Hajar |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Sunan Gunung Djati
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/hijai/article/view/15732 https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/hijai/article/view/15732/pdf https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/hijai/article/downloadSuppFile/15732/2885 |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Bahasa arab terkenal dengan pembalajaran yang sulit dan membosankan, apabila dilakukan dengan sistem online tentunya akan sangat menyulitkan daripada sistem offline, sehingga menyebabkan minat pelajar pada pembelajaran Bahasa arab sangat minim. Oleh sebab itu, metode pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media sangatlah dibutuhkan agar proses pembelajaran mejadi interaktif dan menarik. Maka media pembelajaran inovaif dapat menjadi solusi dari permasalah tersebut. Metode yang dipakai dalam peneliian ini yaitu metode kuantitatif dengan memakai Pre-Test Post Test One Group Design yang dilaksanakan di MI Al-Huda Pengastulan. Berdasarkan perhitungan statistic yang telah dilakukan nilai hitung adalah 0.002. karena nilai hitung lebih kecil dari nilai kritik 0.05 maka bisa disimpulkan hasil yang didapat adalah signifinkan. Dengan demikian dapat simpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman ketika tidak memakai media mentimeter dan ketika memakai media mentimeter dalam materi Bahasa arab.Kata kunci : Media Mentimeter, Pemahaman Pembelajaran Online, Bahasa Arab, Pandemi Covid-19.