PENGEMBANGAN LKS MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY PADA MATERI PECAHAN
Main Author: | firdaus, M |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
, 2020
|
Online Access: |
https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/577 https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/577/369 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk LKS pada pembelajaran Matematika materi Pecahan berbasis hypothetical learning trajectory. Hypothetical learning trajectory merupakan dugaan mengenai tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan proses berpikir siswa dalam memahami konsep materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan dan memvalidasi produk pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 2 Karang Taruna yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan diperoleh bahwa penelitian pengembangan ini telah menghasilkan LKS berbasis hypothetical learning trajectory pada pembelajaran matematika materi pecahan di UPTD SD Negeri 2 Karang Taruna. Dengan mengikuti langkah-langkah yaitu: tahap potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan respon siswa. Dengan adanya penelitian ini diharapkan guru dapat mengembangkan model, metode, dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan alur belajar siswa.