PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KERTAK HANYAR PADA MATERI PECAHAN
Main Author: | Norliyana, Norliyana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
, 2019
|
Online Access: |
https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418 https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/418/245 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan penalaran matematis siswa, terutama pada materi pecahan. Namun, yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Oleh karena itu, pendekatan Real Mathematics Education (RME) diterapkan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatan RME. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kertak Hanyar yang berjumlah 23 orang. Data dikumpulkan melalui kegiatan observasi aktivitas guru dan siswa serta tes pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa pada materi pecahan dapat meningkat dengan penerapan pendekatan RME. Pada siklus 1 hasil observasi aktivitas guru mencapai 81%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 73% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik sebesar 26%. Pada siklus 2 hasil observasi aktivitas guru mencapai 87%, hasil observasi aktivitas siswa mencapai 83% dan persentase siswa yang mencapai kriteria penalaran matematis baik mencapai 61%.