PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA pada MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA
Main Author: | Rahimah, Nonong |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM-Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
, 2019
|
Online Access: |
https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/389 https://journal.umbjm.ac.id/index.php/THETA/article/view/389/240 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi bangun datar. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yaitu siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang dan rendah pada kelas V SD. Pemecahan masalah yang digunakan berdasarkan pemecahan masalah Polya, yakni memahami masalah, membuat rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali penyelesaian yang sudah dilakukan. Kegiatan penelitian dimulai dengan memberikan tes kemampuan matematika. Nilai tes dijadikan sebagai acuan kemampuan siswa. Siswa dikelompokkan dalam tiga kemampuan berdasarkan pada Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran matematika yaitu: 80 (Kemampuan tinggi), 60 (Kemampuan sedang) dan 0 (kemampuan rendah). Selain itu akan dipih siswa yang komunikatif. Kemudian dilanjutkan dengan tugas pemecahan dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi waktu yang berbeda. Kemudian, data yang valid dianalisis untuk menarik kesimpulan. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah memiliki pemecahan masalah yang berbeda.