PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA

Main Author: Mustika, I Wayan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Pendidikan Ganesha , 2020
Online Access: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/28384
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/28384/16042
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari adanya masalah yang teridentifikasi pada pelajaran fisika di kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan tujuan meningkatkan aktivitas belajar, meningkatkan hasil belajar siswa, dan menganalisis respons siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BKP3 SMK Negeri 1 Denpasar semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data dikumpulan melalui metode observasi, tes, dan angket dengan mengunakan instrument lembar observasi, tes, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan skor rata-rata tes hasil belajar siswa dari 73,61 menjadi 80,6 dan ketuntasan klasikal dari 69,44% dengan katagori belum tuntas menjadi ketuntasan klasikal 100%, terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 64,00 (cukup aktif) menjadi 84,05 (sangat aktif), dan respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebesar 57,60 (sangat positif). Tahapantahapan dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT