Analisis usaha wajid kacang hijau pisang di Desa Sukorambi kecamatan Sukorambi kabupaten Jember
Main Author: | Hardiyanti, Aminda Ayung |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://sipora.polije.ac.id/429/1/07.%20ABSTRAK.pdf https://sipora.polije.ac.id/429/2/14.%20BAB%201.%20PENDAHULUAN.pdf https://sipora.polije.ac.id/429/3/19.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf https://sipora.polije.ac.id/429/4/D31170557_LAPORAN%20LENGKAP_TA.pdf https://sipora.polije.ac.id/429/ |
Daftar Isi:
- Wajid merupakan jajanan tradisional khas dari tanah sunda. Produk wajid ini didiversifikasi dengan menambahkan rasa pisang pada produk, namun tidak merubah cita rasa tradisional. Tugas Akhir ini bertujuan untuk melakukan proses produksi, melakukan analisis usaha, dan menerapkan bauran pemasaran wajid kacang hijau pisang. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis Break Event Point (BEP), Revenue Cost Ratio (R/C Ratio), dan Return On Investment (ROI). Berdasarkan perhitungan analisis usaha wajid kacang hijau pisang tersebut menghasilkan BEP (produksi) sebanyak 9,63 bungkus dengan hasil produksi 14 bungkus dengan berat 200 gram, BEP (harga) sebesar Rp 8.606,- per bungkus dengan harga jual yang ditawarkan sebesar Rp 12.500,- per bungkus, R/C Ratio sebesar 1,452, dan ROI sebesar 4,26 %. Keuntungan yang didapatkan yaitu sebesar Rp 54.508,5,- setiap satu kali proses produksi. Maka usaha wajid kacang hijau pisang ini dapat dikatakan layak untuk diusahakan. Saluran pemasaran yang digunakan yaitu secara langsung dan tidak langsung. Sarana promosi yang digunakan yaitu publisitas (publicity) dan penjualan pribadi (personal selling).