Analisis Dan Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Inlis Dinas Perpustakaan Dan Kearsipankabupaten Bondowoso

Main Author: Utomo, Nanang Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: https://sipora.polije.ac.id/376/1/07.%20ABSTRAK.pdf
https://sipora.polije.ac.id/376/2/15.%20BAB%201.%20PENDAHULUAN.pdf
https://sipora.polije.ac.id/376/3/20.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
https://sipora.polije.ac.id/376/4/E41162009_LAPORAN%20LENGKAP_TA.pdf
https://sipora.polije.ac.id/376/
Daftar Isi:
  • ANALISIS DAN EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI INLIS DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BONDOWOSO Nanang Budi Utomo Program Studi Teknik Informatika Jurusan Teknologi Informasi ABSTRAK Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso merupakan perpustakaan umum daerah yang menggunakan sistem informasi INLIS sebagai sarana pengelolaan dan informasi terhadap kebutuhan pegawai dan pengunjung perpustakaan. Dalam pengelolaannya belum pernah dilakukan suatu analisis terhadap sistem informasi INLIS dan pelayanan petugas perpustakaan. Metode yang dapat digunakan untuk menganalisis adalah metode PIECES Framework, Service Quality, Usability Testing menggunakan Use Questionaire dan End User Computing Satisfaction. Metode-metode tersebut sering digunakan oleh peneliti dalam mengukur tingkat kelayakan suatu sistem dan pelayanan. Tujuan dari penlitian ini mengukur kualitas sistem informasi INLIS dan pelayanan petugas menggunakan keempat metode tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji validtas dan reliabilitas menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian ini berupa nilai Gap yang menunjukkan kualitas sistem informasi INLIS dan pelayanan petugas perpustakaan mengunakan metode PIECES Framework, Service Quality, Usability Testing menggunakan Use Questionaire dan End User Computing Satisfaction adalah sebagai berikut : PIECES Framework : Performance0.58, Information and Data 0.48, Economic 0.54, Control and Security 0.08, Efficiency 0.36, Service 0.84. Metode Service Quality : Reliability0.46, Responsivness 0.60, Emphaty0.24, Assurance0.46, Tangibles 0.06. Usability Testing (USE) : Usefulness0.96, Ease of Use2.64, Ease of Learning0.32, Satisfaction0.26. End User Computing Satisfaction : Content0.92, Accuracy 0.10, Format 0.30, Ease of Use0.14, Timeliness0.06.Dari hasil analisis Gap dapat disimpulkan bahwa persepsi pengunjung perpustakaan dengan sistem informasi INLIS dan pelayanan petugas perpustakaan telah sesuai dengan harapan. Pernyataan tersebut dapat dilihat dari hasil positif yang diperoleh dari setiap variabel penelitian. dan item dalam metode Usability Testing menggunakan Use Questionaire sudah mencakup secara keseluruhan dari item dalam metode PIECES Framework danitem dalam End User Computing Satisfaction. Kata Kunci :Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bondowoso, Sistem Informasi INLIS, PIECESFramework, Service Quality, Usability Testing menggunakan Use Questionaire dan End User Computing Satisfaction.