EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM PERKULIAHAN BOTANI TUMBUHAN RENDAH PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP USM

Main Author: Jailani, Jailani
Other Authors: FKIP Universitas Serambi Mekkah
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH , 2018
Online Access: http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/552
http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/552/507
Daftar Isi:
  • Abstrak Telah dilakukan sebuah penelitian yang berjudul: “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Dalam Perkuliahan Botani Tumbuhan Rendah (BTR) Pada Mahasiswa Prodi pendidikan biologi FKIP USM” Subjek penelitian adalah mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP USM Banda Aceh.. Mahasiswa yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa semester 3, unuit-1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan unit-2 sebagai kelompok kontrol, jumlah mahasiswa masing masing unit adalah 20 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah nilai tes, serta respon mahasiswa terhadap kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelejaran think-pair-share. Analisis data prestasi belajar untuk melihat perbedaan prestasi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dianalisis dengan uji-t, dengan menggunakan prongram SPSS. Data respons mahasiswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif persentase. Respons mahasiswa dikatakan positif jika jawaban mahasiswa terhadap pernyataan positif untuk setiap aspek yang direspon pada setiap komponen pembelajaran diperoleh persentase ≥ 80%. Berdasarkan hasil analisis data, di simpulkan bahwa: 1.Model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa pada perkuliahan BTR. 2. Respon mahasiswa prodi pendidikan biologi FKIP USM saat perkuliahan BTR dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share adalah sangat positif. Kata Kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Think-Pair-Share