PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Main Author: Israwati, Israwati
Other Authors: FKIP Serambi Mekkah University
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS SERAMBI MEKKAH , 2018
Online Access: http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/483
http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/483/442
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi data akurat tentang Guru yang dituntut untuk menguasai keterampilan dan pengetahuan yang luas dan sejumlah besar professional dalam pembelajaran PKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Pengujian penelitian teridiri dari: Pengetahuan guru tentang strategi pembelajaran (X1), Sikap mengajar (X2), motivasi mengajar (X3), sebagai variabel bebas dan hasil belajar mata pelajaran pendidikan PKn(Y) sebagai variabel terikat. Hasil Penelitian menunjukkan :Pertama, ada hubungan yang positif antara hasil belajar dengan pengetahuan guru terhadap strategi pembelajaran sebesar r hitung = 0,810. Kedua, ada hubungan yang positif antara hasil belajar dengan sikap guru sebesar r hitung = 0, 832. Ketiga, ada hubungan yang positif antara hasil belajar dengan motivasi guru dan sikap guru sebesar r hitung = 0,861. Keempat, ada hubungan positif antara hasil belajar dengan pengetahuan guru terhadap strategi pembelajaran, Sikap guru, dan Motivasi guru sebesar r hitung = 0.810, besar kontribusi variable Kata kunci: Guru, Sikap, Motvasi Mengajar